Strategi Internalisasi Nilai Karakter Religius Pada Siswa Di Mts Miftahussalam 1 Wonosalam Demak
Abstract
Internalisasi nilai yang tidak berlangsung secara optimal berdampak pada
tidak teraktualisasinya nilai-nilai karakter dalam perilaku peserta didik. Banyak
penyimpangan yang dilakukan siswa yang menyebabkan perlunya penerapan
strategi internalisasi yang dilakukan guru kepada siswa di sekolah. Dengan
internalisasi diharapkan siswa terbiasa dengan segala aktifitas positif yang
diberikan di sekolah dan memiliki karakter religius. Adapun tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui strategi internalisasi nilai karakter religius dan
juga faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan nilai karakter
religius pada siswa
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan objek
penelitian ini mengenai Strategi Internalisasi Nilai Karakter Religius Pada
Siswa Di MTs Miftahussalam 1 Wonosalam Demak. Teknik penentuan informan
penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis
data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan model Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama strategi internalisasi
nilai karakter religius pada siswa melalui tiga tahap yaitu (1) Tahap
transformasi nilai menggunakan metode nasehat. (2) Tahap transaksi nilai
menggunakan metode keteladanan.(3) Tahap transinternalisasi nilai
menggunakan pembiasaan, reward serta hukuman. kedua faktor pendukung dan
penghambat internalisasi nilai karakter religius pada siswa yakni faktor
pendukung eksternal yaitu lingkungan, orang tua/keluarga, fasilitas saranan
prasarana, dan pondok pesantren. Faktor penghambat yakni faktor internal
yaitu kesadaran diri dan malas, dan faktor ekternal yaitu lingkungan keluarga,
latar belakang siswa yang berbeda.
Collections
- Islamic Education [905]