Pengembangan Pendidikan Agama Islam Melalui Program Madrasah Diniyah Al-Huda Di Desa Cikuya Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes
Abstract
Jenis dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif lapangan.
Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pengurus madrasah,
tenaga pengajar, santri, dan orangtua santri. Berdasarkan hasil penelitian yang
telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa madrasah diniyah al-huda berupaya
terus mengembangkan pendidikan islam melalui pembelajaran yang efektif
dengan pelajaran yang sudah disediakan sesuai dengan kurikulum dari
Kementrian Agama. 1) pelaksanaan pembelajaran madrasah diniyah al-huda yaitu
dengan penggunaan metode yang bervariatif seperti ceramah menjelaskan materi
secara langsung dengan jelas dan mudah dipahami oleh peserta didik. Pembiasaan
metode ini penggunaan nya dengan terus mengulang-ulang sampai hal tersebut
menjadi sebuah kebiasan dan pada akhirnya mudah dihafal atau dipahami oleh
peserta didik misal dalam pembelajaran hafalan hadist, sejarah para nabi dan yang
paling utama kebiasaan melaksanakan sholat, mengucap salam, berdoa, saling
menolong. Tanya jawab dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan yang
biasanya digunakan sebagai evaluasi, kemudian dalam kegiatan pelaksanaan
pembelajaran di Madrasah Diniyah Al-Huda dilakukan dengan tiga tahap yaitu
kegiatan pembuka yaitu doa, surat pendek dan asmaul husna, kegiatan inti yaitu
menyajikan materi dan kegiatan penutup yaitu evaluasi dan doa. 2) Faktor
pendukungnya sudah cukup baik dukungan dari masyarakat setempat, semangat
para tenaga pengajar dan para peserta didik serta peran orangtua yang terus
mendukung dalam proses pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Diniyah AlHuda.
3)
Faktor
pengahambat
utamnya
yaitu
sarana
kelas
yang
kurang
untuk
kelas
empat,
tidak
ada
mikrofon
khusus
mengajar
untuk
pengajar
yang
sudah
berumur,
faktor
lingkungan bermain anak yang membawa pengaruh tidak baik sampai ke
lingkungan Madrasah Diniyah Al-Huda dan yang penting lagi yaitu cuaca kalau
hujan karena lokasi rumah peserta didik dengan madrasah ada yang lumayan
cukup jauh.
Collections
- Islamic Education [866]