Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Aden Wijdan SZ., M.Si
dc.contributor.authorANI SINTIA
dc.date.accessioned2023-01-19T06:32:39Z
dc.date.available2023-01-19T06:32:39Z
dc.date.issued2022-11-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41855
dc.description.abstractJenis dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif lapangan. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pengurus madrasah, tenaga pengajar, santri, dan orangtua santri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa madrasah diniyah al-huda berupaya terus mengembangkan pendidikan islam melalui pembelajaran yang efektif dengan pelajaran yang sudah disediakan sesuai dengan kurikulum dari Kementrian Agama. 1) pelaksanaan pembelajaran madrasah diniyah al-huda yaitu dengan penggunaan metode yang bervariatif seperti ceramah menjelaskan materi secara langsung dengan jelas dan mudah dipahami oleh peserta didik. Pembiasaan metode ini penggunaan nya dengan terus mengulang-ulang sampai hal tersebut menjadi sebuah kebiasan dan pada akhirnya mudah dihafal atau dipahami oleh peserta didik misal dalam pembelajaran hafalan hadist, sejarah para nabi dan yang paling utama kebiasaan melaksanakan sholat, mengucap salam, berdoa, saling menolong. Tanya jawab dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan yang biasanya digunakan sebagai evaluasi, kemudian dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Diniyah Al-Huda dilakukan dengan tiga tahap yaitu kegiatan pembuka yaitu doa, surat pendek dan asmaul husna, kegiatan inti yaitu menyajikan materi dan kegiatan penutup yaitu evaluasi dan doa. 2) Faktor pendukungnya sudah cukup baik dukungan dari masyarakat setempat, semangat para tenaga pengajar dan para peserta didik serta peran orangtua yang terus mendukung dalam proses pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Diniyah AlHuda. 3) Faktor pengahambat utamnya yaitu sarana kelas yang kurang untuk kelas empat, tidak ada mikrofon khusus mengajar untuk pengajar yang sudah berumur, faktor lingkungan bermain anak yang membawa pengaruh tidak baik sampai ke lingkungan Madrasah Diniyah Al-Huda dan yang penting lagi yaitu cuaca kalau hujan karena lokasi rumah peserta didik dengan madrasah ada yang lumayan cukup jauh.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePengembangan Pendidikan Agama Islam Melalui Program Madrasah Diniyah Al-Huda Di Desa Cikuya Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebesen_US
dc.Identifier.NIM17422051


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record