Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Calon Waqif Dalam Memilih Wakaf Uang Berjangka Di Yogyakarta Factors Affecting The Interest Of Waqif Candidates In Selecting Temporary Cash Waqf In Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, pendapatan dan
akses media informasi terhadap minat calon waqif berwakaf pada instrumen wakaf
uang berjangka. Pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik purposive
sampling, dengan kriteria yaitu masyarakat muslim Provinsi Daerah Istimewa
Yogyakarta yang beragama Islam yang sudah bekerja atau berpenghasilan, dengan
kategori usia mulai dari 20 tahun keatas. Metode penelitiaan yang digunakan adalah
metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis
menggunakan uji T, uji F, serta uji koefisien determinasi. Berdasarkan 150 sampel
yang diteliti, menunjukkan hasil bahwa 3 variabel yang diteliti yaitu pengetahuan,
dan akses media informasi memengaruhi minat calon waqif dalam memilih wakaf
uang berjangka secara positif dan signifikan. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa
semakin tinggi pengetahuan dan akses media informasi maka akan meningkatkan
minat calon waqif dalam memilih wakaf uang berjangka.
Collections
- Islamic Economics [851]