Pengaruh Psikologi Investasi, Media Sosial Dan Perilaku Terencana Terhadap Minat Investasi Pasar Modal Syariah (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Islam Fiai Uii Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa berpengaruh faktor psikologi
investasi, media sosial dan perilaku terencana terhadap minat mahasiswa Ekonomi
Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta untuk
berinvestasi di pasar modal syariah. penelitian ini menggunakan sampel sebanyak
150 responden. Data yang digunakan adalah data primer menggunakan kuisioner
yang disebarkan menggunakan google form. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dan sampel kuisioner yang digunakan adalah
mahasiswa aktif Ekonomi Islam FIAI UII tahun angkatan 2017, 2018, 2019 dan
2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis data
menggunakan analisis regresi linear berganda dan data yang didapatkan diolah
dengan menggunakan software IBMSPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
psikologi investasi, media sosial dan perilaku terencana mempengaruhi minat
mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal syariah dengan melihat nilai
determinasi R
(R-Square) sebesar 43,2%. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar
43,2% minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal syariah dipengaruhi oleh
faktor psikologi investasi, media sosial dan perilaku terencana.
2
Collections
- Islamic Economics [836]