Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Kopi Pasir Jogja Di Sleman)
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner
Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Kopi Pasir Jogja di Sleman)
dengan tujuan untuk menganalisis konsep strategi pengembangan bisnis kuliner
yang diterapkan di Kopi Pasir Jogja berdasarkan perspektif ekonomi Islam. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tehnik
pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara, analisis
data bersifat induktif, dengan tehnik analisis dilakukan secara bersamaan mulai dari
proses reduksi data, penyajian data hingga pada verifikasi atau penarikan
kesimpulan. Objek dalam penelitian ini yaitu Kopi Pasir Jogja. Data penelitian
didapatkan melalui proses wawancara secara langsung kepada informan kunci yang
menjadi responden dalam penelitian ini yaitu pemilik, pengelola, karyawan dan
konsumen Kopi Pasir Jogja.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kopi Pasir Jogja
dalam pengembangan bisnis kuliner memiliki 5 konsep strategi diantaranya:
produk, promosi, harga, lokasi dan penjualan. Produk Kopi Pasir Jogja yang dijual
tidak jauh berbeda dengan usaha kuliner lainnya terbukti dengan jenis makanan
yang mereka jual. Kopi Pasir Jogja sudah cukup memumpuni dalam hal
promosinya. Harga pada Kopi Pasir Jogja ini memberikan harga yang terjangkau
dengan porsi yang lebih banyak dan juga kualitas rasa masakan yang baik. Lokasi
Kopi Pasir Jogja memiliki tempat yang cukup strategi dan mudah dijangkau oleh
masyarakat sekitar terlebih mahasiswa yang menjalankan kuliah di Universitas
Islam Indonesia. Kopi Pasir Jogja memiliki 4 nilai prinsip ekonomi Islam
diantaranya: rabbaniyyah, akhlaqiyyah, al-waqi’iyyah dan insaniyyah.
Collections
- Islamic Economics [826]