Pengaruh Merek, Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Bakpia Sebagai Oleh-Oleh Di Kota Yogyakarta
Abstract
Perkembangan bakpia di industri oleh-oleh saat ini semakin berkembang pesat di Kota
Yogyakarta. Perkembangan ini terjadi karena semakin meningkatnya jumlah wisatawan
yang berkunjung ke Yogyakarta, sehingga industri bakpia turut berkembang pesat. Saat
ini, sudah banyak sekali produsen-produsen bakpia yang tersebar di Kota Yogyakarta dan
dengan mudah ditemukan dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana faktor merek, harga, kualitas produk, dan lokasi mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen bakpia sebagai oleh-oleh di Kota Yogyakarta. Data yang digunakan
dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada konsumen yang sudah pernah
melakukan pembelian bakpia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi 10%. Data dioleh dengan
menggunakan program SPSS. Dari hasil uji t didapatkan hasil untuk variabel merek, harga,
dan lokasi lebih besar dari t tabel 1.659, maka dapat disimpulkan hipotesis diterima.
Sedangkan untuk variabel kualitas produk lebih kecil dari t tabel 1.659, maka hipotesis
ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa merek, harga, dan lokasi berpengaruh
terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas produk tidak menunjukkan pengaruh
yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
Collections
- Economics [2142]