Implementasi Metode Pembelajaran Strategi Knowledge Sharing Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas V Di Sd Negeri Ngringin Moyudan Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
Dalam dunia pendidikan metode belajar merupakan salah satu penentu
suksesnya pembelajaran. Metode pembelajaran adalah suatu cara untuk menyajikan
pesan pembelajaran sehingga pencapaian pembelajaran dapat optimal. Dalam
proses pembelajaran termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam, metode
memiliki kedudukan dalam penyampaian materinya dan upaya pencapaiaan
pembelajaranya. Tanpa metode suatu materi pembelajaran tidak akan efektif dalam
kegiatan belajar mengajar sehingga tidak tercapai seperti pembelajaran yang di
inginkan.
Dalam penelitian implementasi strategi pembelajaran knowledge sharing
telah dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam mata
pelajaran PAI di tingkat sekolah dasar (SD) di kelas V, sekolah yang ditempati
untuk penelitian adalah SDN Ngringin Moyudan Yogyakarta. Bentuk penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas semi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik penentuan
informan menggunakan purposive sampling, analisis data dengan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan ada tiga tahapan implementasi pembelajaran,
tahap perencanaan, menyiapkan alat, materi serta menyiapkan media pembelajaran,
penyusunan RPP pembelajaran, penyusunan alat evaluasi. Tahap implementasi
mencakup pembelajaran online menggunakan google meet dan pembelajaran
offline di kelas. Faktor pendukung dalam penerapan strategi knowledge sharing
adalah, pihak sekolah selalu mendukung dan memberikan waktu untuk peneliti
melakukan penelitian di sekolah serta peserta didik sangat antusisas dalam
mengikuti pembelajaran dengan strategi knowadge sharing. Sedangkan faktor
penghambat peneliti dalam menerapkan starategi knowledge sharing adalah,
peserta didik saat di kelas sering melakukan kegaduhan, waktu untuk melakukan
penerapan sangat terbatas dan peneliti harus mematuhi peraturan di sekolah
mengenai pembelajaran tatap muka berjarak. Tahap selanjutnya adalah evaluasi
saat dilaksanakan pembelajaran dengan metode knowledge sharing beberapa faktor
penghambat dan pendukung pembelajaran.
Collections
- Islamic Education [864]