Show simple item record

dc.contributor.advisorSiti Afifah Adawiyah, S.Pd.I., M.Pd
dc.contributor.authorLUTHFI DURUNNAFIS AMIN
dc.date.accessioned2023-01-13T01:47:35Z
dc.date.available2023-01-13T01:47:35Z
dc.date.issued2022-11-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41745
dc.description.abstractDalam dunia pendidikan metode belajar merupakan salah satu penentu suksesnya pembelajaran. Metode pembelajaran adalah suatu cara untuk menyajikan pesan pembelajaran sehingga pencapaian pembelajaran dapat optimal. Dalam proses pembelajaran termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam, metode memiliki kedudukan dalam penyampaian materinya dan upaya pencapaiaan pembelajaranya. Tanpa metode suatu materi pembelajaran tidak akan efektif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga tidak tercapai seperti pembelajaran yang di inginkan. Dalam penelitian implementasi strategi pembelajaran knowledge sharing telah dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI di tingkat sekolah dasar (SD) di kelas V, sekolah yang ditempati untuk penelitian adalah SDN Ngringin Moyudan Yogyakarta. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas semi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling, analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan ada tiga tahapan implementasi pembelajaran, tahap perencanaan, menyiapkan alat, materi serta menyiapkan media pembelajaran, penyusunan RPP pembelajaran, penyusunan alat evaluasi. Tahap implementasi mencakup pembelajaran online menggunakan google meet dan pembelajaran offline di kelas. Faktor pendukung dalam penerapan strategi knowledge sharing adalah, pihak sekolah selalu mendukung dan memberikan waktu untuk peneliti melakukan penelitian di sekolah serta peserta didik sangat antusisas dalam mengikuti pembelajaran dengan strategi knowadge sharing. Sedangkan faktor penghambat peneliti dalam menerapkan starategi knowledge sharing adalah, peserta didik saat di kelas sering melakukan kegaduhan, waktu untuk melakukan penerapan sangat terbatas dan peneliti harus mematuhi peraturan di sekolah mengenai pembelajaran tatap muka berjarak. Tahap selanjutnya adalah evaluasi saat dilaksanakan pembelajaran dengan metode knowledge sharing beberapa faktor penghambat dan pendukung pembelajaran.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleImplementasi Metode Pembelajaran Strategi Knowledge Sharing Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas V Di Sd Negeri Ngringin Moyudan Tahun Ajaran 2021/2022en_US
dc.Identifier.NIM18422151


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record