Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Pelajar Pancasila Di Sma Negeri 13 Jakarta Utara
Abstract
Pendidikan semakin mengalami perubahan mengikuti transisi di segala bidang.
Pendidikan yang baik menunjukkan kualitas masyarakat di daerah tersebut. Namun
karakter dan moral masyarakat pun ikut mengalami pergeseran. Maraknya penodaan
karakter dan moral salah satunya di sebabkan buruknya pendidikan. Pendidikan agama
islam sebagai pelopor keilmuan memiliki potensi yang besar dalam menanggulangi
kemerosotan individu. Pendidikan agama islam diharapkan mampu menghasilkan
manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan berakhlak mulia.
Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari
pendidikan. Dalam penelitian ini yaitu berfokus kepada karakter atau profil pelajar
Pancasila yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020. Tujuan dari
penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Agama
Islam dalam pembentukan karakter pelajar pancasila di SMA Negeri 13 Jakarta Utara
dan hasil Pendidikan karakter pelajar pancasila SMA Negeri 13 Jakarta Utara.
Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif analisis deskriptif. Teknik
penentuan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan
penelitian ini adalah wakil kesiswaan, guru bimbingan konseling, guru pendidikan
agama islam dan siswa kelas 12 SMA Negeri 13 Jakarta Utara. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi.. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sementara teknik analisis data dengan cara koleksi data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa urgensi Pendidikan agama islam di
SMA Negeri 13 Jakarta Utara adalah Kedudukan Pendidikan agama islam sebagai mata
pelajaran yang diajarkan di SMA Negeri 13 Jakarta Utara adalah salah satu upaya untuk
menyampaikan ilmu pengetahuan agama islam tidak hanya untuk dipahami dan
dihayati, akan tetapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari – hari, misalnya
kemampuan siswa dalam melaksanakan sholat dengan tepat waktu, bisa membaca AlQur’an
dengan
baik
dan
kemampuan
ibadah
–
ibadah
lain
yang
sifatnya
berhubungan
dengan
Allah. Lalu hasil dari pembentukan karakter pelajar Pancasila adalah untuk
membentuk karakter dan kompetensi yang di harapkan diraih pelajar Pancasila yang
sesuai dengan nilai – nilai luhur Pancasila yang tujuannya adalah untuk menyiapkan generasi yang unggul dan mampu bersaing serta siap menghadapi perkembangan
zaman.
Collections
- Islamic Education [864]