Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. M. Hajar Dewantoro, M.Ag
dc.contributor.authorARIF KUSUMA
dc.date.accessioned2023-01-12T07:52:19Z
dc.date.available2023-01-12T07:52:19Z
dc.date.issued2022-11-22
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41738
dc.description.abstractPendidikan semakin mengalami perubahan mengikuti transisi di segala bidang. Pendidikan yang baik menunjukkan kualitas masyarakat di daerah tersebut. Namun karakter dan moral masyarakat pun ikut mengalami pergeseran. Maraknya penodaan karakter dan moral salah satunya di sebabkan buruknya pendidikan. Pendidikan agama islam sebagai pelopor keilmuan memiliki potensi yang besar dalam menanggulangi kemerosotan individu. Pendidikan agama islam diharapkan mampu menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan. Dalam penelitian ini yaitu berfokus kepada karakter atau profil pelajar Pancasila yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter pelajar pancasila di SMA Negeri 13 Jakarta Utara dan hasil Pendidikan karakter pelajar pancasila SMA Negeri 13 Jakarta Utara. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif analisis deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian ini adalah wakil kesiswaan, guru bimbingan konseling, guru pendidikan agama islam dan siswa kelas 12 SMA Negeri 13 Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data dengan cara koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa urgensi Pendidikan agama islam di SMA Negeri 13 Jakarta Utara adalah Kedudukan Pendidikan agama islam sebagai mata pelajaran yang diajarkan di SMA Negeri 13 Jakarta Utara adalah salah satu upaya untuk menyampaikan ilmu pengetahuan agama islam tidak hanya untuk dipahami dan dihayati, akan tetapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari – hari, misalnya kemampuan siswa dalam melaksanakan sholat dengan tepat waktu, bisa membaca AlQur’an dengan baik dan kemampuan ibadah – ibadah lain yang sifatnya berhubungan dengan Allah. Lalu hasil dari pembentukan karakter pelajar Pancasila adalah untuk membentuk karakter dan kompetensi yang di harapkan diraih pelajar Pancasila yang sesuai dengan nilai – nilai luhur Pancasila yang tujuannya adalah untuk menyiapkan generasi yang unggul dan mampu bersaing serta siap menghadapi perkembangan zaman.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Pelajar Pancasila Di Sma Negeri 13 Jakarta Utaraen_US
dc.Identifier.NIM18422148


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record