Implementasi Metode Qiro’ati Pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Btq) Di Sdit Vip Al-Huda Candiwulan
Abstract
Dalam konteks pendidikan di Indonesia, pendidikan Al-Qur’an kurang
mendapatkan perhatian yang cukup serius karena, kebanyakan anak-anak
maupun remaja di masyarakat sekitar ketika membaca Al-Qur’an masih banyak
yang tidak memperhatikan ilmu tajwid dan makhorijul hurufnya maka,
diterapkannya sebuah metode untuk meningkatkan bacaan Al-Qur’an yaitu
metode Qiro’ati di SDIT VIP Al-Huda yang berbasis sekolah islam formal.
Metode Qiro’ati adalah metode pengajaran membaca Al-Qur’an secara langsung
sesuai dengan tartil dan tajwidnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan Implementasi Metode Qiro’ati pada Pembelajaran Baca Tulis
Al-Qur’an di SDIT VIP Al-Huda Candiwulan.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Metode
pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi yang menggunakan keabsahan data triangulasi sumber dan teknik.
Teknik penentuan informannya menggunakan purposive sampling dengan
menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Metode
Qiro’ati guru harus mempunyai sertifikat syahadah yang melalui proses
pembinaan metodologi praktek mengajar dan juga guru harus mengikuti aturan
Qiro’ati. Untuk pelaksanaan program BTQ di SDIT VIP Al-Huda 1)
Pembelajaran awal ada tawasul, doa bersama, muroja’ah (asmaul husna, hadist
dan doa-doa), 2) Pembelajaran inti 15 menit klasikal baca simak kemudian, 30
menit individual 3) Membaca doa setelah belajar kemudian, 15 menit untuk
proses hafalan dan pengecekan tulisan yang sudah ditulis. Untuk evaluasi
pembelajaran BTQ 7 kali lanjut (L) dalam buku evaluasinya supaya bisa
mengikuti ujiannya. Bagi peserta didik yang tertinggal di jilid bawah harus
mengikuti les tambahan setelah pulang sekolah agar peserta didik ketika lulusan
mampu menghafal Al-Qur’an juz 30 dan mampu membaca Al-Qur’an dengan
baik dan benar.
Collections
- Islamic Education [864]