Show simple item record

dc.contributor.advisorLukman, S.Ag, M.Pd
dc.contributor.authorNAVI’ATUL MUSLIMAH
dc.date.accessioned2023-01-12T03:05:48Z
dc.date.available2023-01-12T03:05:48Z
dc.date.issued2022-11-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41718
dc.description.abstractDalam konteks pendidikan di Indonesia, pendidikan Al-Qur’an kurang mendapatkan perhatian yang cukup serius karena, kebanyakan anak-anak maupun remaja di masyarakat sekitar ketika membaca Al-Qur’an masih banyak yang tidak memperhatikan ilmu tajwid dan makhorijul hurufnya maka, diterapkannya sebuah metode untuk meningkatkan bacaan Al-Qur’an yaitu metode Qiro’ati di SDIT VIP Al-Huda yang berbasis sekolah islam formal. Metode Qiro’ati adalah metode pengajaran membaca Al-Qur’an secara langsung sesuai dengan tartil dan tajwidnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Qiro’ati pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SDIT VIP Al-Huda Candiwulan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang menggunakan keabsahan data triangulasi sumber dan teknik. Teknik penentuan informannya menggunakan purposive sampling dengan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Metode Qiro’ati guru harus mempunyai sertifikat syahadah yang melalui proses pembinaan metodologi praktek mengajar dan juga guru harus mengikuti aturan Qiro’ati. Untuk pelaksanaan program BTQ di SDIT VIP Al-Huda 1) Pembelajaran awal ada tawasul, doa bersama, muroja’ah (asmaul husna, hadist dan doa-doa), 2) Pembelajaran inti 15 menit klasikal baca simak kemudian, 30 menit individual 3) Membaca doa setelah belajar kemudian, 15 menit untuk proses hafalan dan pengecekan tulisan yang sudah ditulis. Untuk evaluasi pembelajaran BTQ 7 kali lanjut (L) dalam buku evaluasinya supaya bisa mengikuti ujiannya. Bagi peserta didik yang tertinggal di jilid bawah harus mengikuti les tambahan setelah pulang sekolah agar peserta didik ketika lulusan mampu menghafal Al-Qur’an juz 30 dan mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectMetode Qiro’atien_US
dc.subjectPembelajaran Baca Tulis Al-Qur’anen_US
dc.titleImplementasi Metode Qiro’ati Pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Btq) Di Sdit Vip Al-Huda Candiwulanen_US
dc.Identifier.NIM18422126


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record