Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wakaf Mahasiswa Muslim Kabupaten Sleman (Studi Kasus Uii Dan Uin Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Influencer, Sikap Religiusitas,
Attitude Toward Behavior (sikap), Subjective Norm (norma subjektif), dan Perceived
Behavioral Control (persepsi kontrol perilaku) terhadap minat berwakaf. Sampel
dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria yaitu mahasiswa
muslim Kabupaten Sleman, dengan kategori usia mulai dari 18 tahun hingga 24
tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi
linear berganda dan uji hipotesis menggunakan uji T, uji F, serta uji koefisien
determinasi. Hasil penelitian berdasarkan 200 sampel menunjukkan bahwa 5
variabel yang diteliti yaitu Influencer, Sikap Religiusitas, Attitude Toward Behavior
(sikap), Subjective Norm (norma subjektif), dan Perceived Behavioral Control
(persepsi kontrol perilaku) mempengaruhi minat calon wakif dalam berwakaf
secara positif dan signifikan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin besar
pengaruh Influencer, semakin tinggi Sikap Religiusitas, Attitude Toward Behavior
(sikap), Subjective Norm (norma subjektif), dan Perceived Behavioral Control
(persepsi kontrol perilaku) akan mempengaruhi minat berwakaf mahasiswa muslim
kabupaten sleman.
Collections
- Islamic Economics [826]