Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu 4.0 Dalam Mempromosikan Rita Park Tegal Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Munculnya dan merebaknya pandemi COVID-19 di Indonesia mengakibatkan
permasalahan pada sektor pariwisata, khususnya pariwisata yang dikelola oleh swasta. Rita
Park Tegal, merupakan taman hiburan yang berlokasi di Tegal, Jawa Tengah merasakan
dampak dari pandemi COVID-19 seperti menurunnya tingkat kunjungan wisatawan. Terlebih
lagi, pembatasan kegiatan masyarakat menjadi salah satu kendala bagi Rita Park Tegal dalam
melakukan pemasaran sehingga Rita Park Tegal perlu melakukan kegiatan pemasaran dengan
metode daring. Di era konektivitas saat ini, jalur pelanggan 5A menjadi alat bagi pengiklan
dalam menciptakan iklan serta menjadi daftar sederhana dalam memetakan titik sentuh dalam
pemasaran. Jalur Pelanggan 5A merupakan jalur pelanggan ketika akan membeli sebuah
produk. Dalam meningkatkan penjualan, pemasar perlu memperhatikan strategi di setiap jalur
pelanggan. Oleh karena hal itu, penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi pemasaran 4.0
Rita Park Tegal dalam menerapkan jalur pelanggan 5A untuk meningkatkan kunjungan
wisatawan di masa pandemi COVID-19.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu 4.0 Rita
Park Tegal dalam jalur pelanggan 5A untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di masa
pandemi COVID-19, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pengambilan data menggunakan metode
wawancara dengan narasumber dan data observasi yang diperoleh.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam mempromosikan Rita Park Tegal
untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di masa pandemi COVID-19, Rita Park Tegal
menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu 4.0 di setiap jalur pelanggan 5A sebagai
berikut: 1) Meningkatkan kesadaran masyarakat dengan strategi penetapan target sasaran,
penggunaan media promosi dan melakukan kegiatan kerjasama dengan Youtuber, 2)
Meningkatkan daya tarik masyarakat dengan strategi penggunaan konten bertema wahana serta
format konten yang beragam 3) Meningkatkan keyakinan masyarakat dengan strategi publikasi
konten internal dan eksternal dan strategi konten promosi 4) Penerapan prinsip 4S pada tingkat
tindakan 5) Word of Mouth sebagai strategi penganjuran konsumen. Faktor pendukung dalam
strategi komunikasi pemasaran terpadu 4.0 Rita Park Tegal adalah penggunaan metode hybrid
(offline dan online) dalam pemasaran Rita Park Tegal. Sedangakan faktor penghambatnya
yakni konten pemasaran yang terbilang monoton dan kurang menarik, kurangnya
pemaksimalan penggunaan media tiktok dalam pemasaran konten, copywriting yang
sederhana dan konten yang kaku.
Collections
- Communication [952]