Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence Terhadap Prestasi Belajar Dan Minat Belajar Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimiakelas X
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) ada atau tidaknya perbedaan
yang signifikan pada penerapan model complete sentence terhadap Prestasi
Belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X 2) ada atau tidaknya
perbedaan yang signifikan pada penerapan model complete sentence terhadap
minat belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X. Populasi
yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri
Angkasa Adisutjipto tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah tiga kelas. Sampel
pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas
kontrol dan X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik prngambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data
menggunakan statiska nonparametrik uji Mann-Whitney dan uji parametrik
dengan Independent Sample T Test. Berdasrkan hasil kesimpulan yang didapat
yaitu 1) tidak adanya perbedaan yang signifikan pada penerapan model complete
sentence terhadap Prestasi Belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia
kelas X 2) tidak adanya perbedaan yang signifikan pada penerapan model
complete sentence terhadap minat belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar
kimia kelas X.
Collections
- Chemistry Education [324]