Analisis Parasosial Dan Loyalitas Fans Exo Di Masa Wajib Militer
Abstract
Media sosial membawa pengaruh yang sangat menguntungkan bagi seluruh umat manusia
salah satunya bagi sekelompok penggemar K-Pop. Seperti EXO-L sebutan untuk fans EXO
yang memanfaatkan media sosial sebagai ajang untuk dapat berinteraksi dan mengakses
informasi terkait idola sehingga seolah menciptakan adanya kedekatan antara idola dan
penggemar. Perilaku EXO-L di media menjurus pada bahasan interaksi parasosial yang
termasuk dalam kajian psikologi komunikasi. Penelitian ini berangkat dari temuan terdahulu
yang menghasilkan hubungan signifikan antara interaksi parasosial dan loyalitas penggemar.
Berdasarkan hasil tersebut, peneliti ingin mengangkat adanya sebuah kebaruan mengenai yang
mengarah kepada gambaran interaksi parasosial dan loyalitas EXO-L terhadap EXO serta
dikaitkan dengan adanya fenomena aktivitas wajib militer yang sedang dijalani oleh para
anggota EXO. Sehingga dari hal tersebut juga akan menghasilkan perbedaan parasosial dan
loyalitas fans sebelum dan sesudah idolanya menjalani wajib militer. Data diambil melalui
wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua narasumber
melakukan interaksi parasosial terhadap EXO secara aktif. Hal tersebut terlihat dari respon
psikologis narasumber terkait pada respon kognitif, afektif, dan perilaku narasumber.
Berdasarkan tingkatan interaksi disimpulkan penelitian ini termasuk kedalam entertainment
social value dan intense personal feeling. Kesamaan hasil terlihat mencolok pada respon
afektif terutama pada proses sympathy dalam hal pengaksesan platform media yakni Youtube
EXO official terkait kegiatan comeback. Interaksi parasosial dan loyalitas dalam hal ini fans
EXO saling melengkapi. Interaksi parasosial dengan intensitas tertentu akan membawa diri
penggemar menjadi loyal, sebaliknya dengan adanya loyalitas di diri penggemar akan
menciptakan keterikatan kepada idolanya. Hal ini tidak membawa perubahan yang besar
terhadap perilaku EXO-L sebelum dan ketika EXO menjalani wajib militer.
Collections
- Communication [952]