Analisis S-O-R Pada Penawaran Produk Melalui Teknologi Live Streaming Terhadap Niat Dan Penggunaan E-Commerce
Abstract
Platform ecommerce saat ini telah merambah ke bisnis Live streaming
shopping, yang memungkinkan seseorang dapat melihat, berkomentar, dan
berinteraksi dengan penjual (streamer) secara langsung baik menggunakan
perangkat ponsel cerdas maupun berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor yang dapat mempengaruhi niat dan penggunaan ecommerce
melalui teknologi live streaming shopping. Data yang diolah didapatkan dari
penyebaran kuesioner menggunakan google form dan diperoleh sebanyak 130
responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Penelitian ini
menggunakan teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel metavoicing, Panduan belanja, berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kehadiran sosial. Selanjutnya, variabel metavoicing
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepercayaan dan Visibilitas
berpengaruh negatif terhadap kehadiran sosial dan berpengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap kepercayaan. Sedangkan kehadiran sosial dan kepercayaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dan niat beli berpengaruh
positif dan signifikan terhadap pembelian aktual.
Collections
- Akuntansi [4660]