Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Antikorupsi Pada Siswa Di Mts Yapi Pakem Sleman
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya praktik korupsi sehingga
diperlukannya didikan bagi penerus bangsa untuk bersikap antikorupsi. Sekolah
tidak hanya menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
saja, akan tetapi juga sebagai tempat pembentukan kepribadian. Oleh karena itu,
peran guru Pendidikan Islam melalui penanaman pendidikan agama Islam kepada
siswa mampu peserta didik mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan
sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu peran guru dalam membentuk sikap
antikorupsi siswa di MTs Yapi Pakem.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik penentuan informannya adalah
purposive sampling. Selanjutnya, analisis data dilakukan dengan tahapan koleksi
data, reduksi data, penyajian data dan verifikatif. Teknik keabsahan data yaitu
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan peran guru pendidikan Islam dalam
membentuk sikap antikorupsi terhadap siswa di MTs Yapi Pakem berjalan dengan
baik yaitu mengajar dan mendidik siswa terkait penanaman sikap antikorupsi dan
menanamkan ketakwaan pada siswa. Upaya tersebut dilakukan dengan metode
keteladanan, latihan dan pembiasaan, nasehat, pahala dan sanksi dan pemberian
teori.
Collections
- Islamic Education [882]