Pemberdayaan Wanita Pada Program Csr Pt Vena Energy Dalam Perspektif Islam (Islamic Perspective On Women Empowerment In The Csr Initiatives Of Pt Vena Energy)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait penerapan
pemberdayaan perempuan pada program CSR PT Vena Energy jika ditinjau
berdasarkan 3 dimensi pemberdayaan wanita (Personal, Relational dan Societal)
dalam perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat
melalui wawancara dan Focus Group Discussion (FGD), sedangkan data sekunder
didapat dari dokumentasi laporan kegiatan pemberdayaan dan website yang
berkaitan dengan program pemberdayaan wanita Jeger Buana Lombok (JBL).
Waktu pengambilan mulai pada bulan Juni-Agustus 2022. Teknik pengambilan data
yaitu teknik interaktif yaitu melalui indepth interview dan non-interaktif melalui
dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa program pemberdayaan yang dilakukan PT Vena
Energy dari setiap indikator diantaranya: hak untuk bekerja, hak mendapatkan
pendidikan, hak mengambil keputusan dalam rumah tangga, kesempatan membeli
aset, jaminan ketika bercerai, hak membangun relasi, dan berpendapat di ruang
publik sudah sesuai dengan teori pemberdayaan wanita dalam Islam, dengan
gambaran praktik pemberdayan sebagai berikut : (1) Dimensi Personal,
dukungan moril PT Vena Energy, Pemerintah dan para suami mendorong
perempuan untuk bekerja, dan mendapatkan penghasilan. Sedangkan secara materil
berupa pengadaan dan perbaikan alat produksi. (2) Dimensi Relational, PT Vena
Energy mendorong perempuan untuk mendapatkan pendidikan yang layak dengan
pelatihan dan uji pemahaman materi melalui pre- test dan link webinar online untuk
menambah pengetahuan tentang berwirausaha. PT Vena Energy melatih anggota
untuk dapat mengambil keputusan dalam urusan rumah tangga termasuk
keputusan berwirausaha home industry. Kesempatan untuk membeli aset rumah
tangga didukung PT Vena Energy yaitu saat ini fokus perbaikan desain, peningkatan
teknik marketing, upaya mendapat label halal dan pembuatan UD supaya dapat
dipasarkan di ritel modern, sehingga pendapatan meningkat. Dimensi Relational,
PT Vena Energy memberikan kesempatan anggota melanjutkan program
pemberdayaan dan berwirausaha walaupun sudah bercerai. Upaya meingkatkan
relasi anggota PT Vena energy memediasi antara pihak JBL dengan pemerintah
setempat melalui audiensi dan mengadakan MOU dengan ritel modern, terkahir PT
Vena energy mendorong anggota untuk mampu mengutarakan pendapat melalui
forum maupun di luar forum dengan metode palatihan sharing interaktif, dari pihak
kelurahan menarik anggota menjadi kader posyandu dan pembangunan
Collections
- Islamic Economics [826]