Show simple item record

dc.contributor.authorMAULIYA REDYAN NURJANNAH
dc.date.accessioned2022-12-23T03:02:02Z
dc.date.available2022-12-23T03:02:02Z
dc.date.issued2022-09-29
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41292
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait penerapan pemberdayaan perempuan pada program CSR PT Vena Energy jika ditinjau berdasarkan 3 dimensi pemberdayaan wanita (Personal, Relational dan Societal) dalam perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat melalui wawancara dan Focus Group Discussion (FGD), sedangkan data sekunder didapat dari dokumentasi laporan kegiatan pemberdayaan dan website yang berkaitan dengan program pemberdayaan wanita Jeger Buana Lombok (JBL). Waktu pengambilan mulai pada bulan Juni-Agustus 2022. Teknik pengambilan data yaitu teknik interaktif yaitu melalui indepth interview dan non-interaktif melalui dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pemberdayaan yang dilakukan PT Vena Energy dari setiap indikator diantaranya: hak untuk bekerja, hak mendapatkan pendidikan, hak mengambil keputusan dalam rumah tangga, kesempatan membeli aset, jaminan ketika bercerai, hak membangun relasi, dan berpendapat di ruang publik sudah sesuai dengan teori pemberdayaan wanita dalam Islam, dengan gambaran praktik pemberdayan sebagai berikut : (1) Dimensi Personal, dukungan moril PT Vena Energy, Pemerintah dan para suami mendorong perempuan untuk bekerja, dan mendapatkan penghasilan. Sedangkan secara materil berupa pengadaan dan perbaikan alat produksi. (2) Dimensi Relational, PT Vena Energy mendorong perempuan untuk mendapatkan pendidikan yang layak dengan pelatihan dan uji pemahaman materi melalui pre- test dan link webinar online untuk menambah pengetahuan tentang berwirausaha. PT Vena Energy melatih anggota untuk dapat mengambil keputusan dalam urusan rumah tangga termasuk keputusan berwirausaha home industry. Kesempatan untuk membeli aset rumah tangga didukung PT Vena Energy yaitu saat ini fokus perbaikan desain, peningkatan teknik marketing, upaya mendapat label halal dan pembuatan UD supaya dapat dipasarkan di ritel modern, sehingga pendapatan meningkat. Dimensi Relational, PT Vena Energy memberikan kesempatan anggota melanjutkan program pemberdayaan dan berwirausaha walaupun sudah bercerai. Upaya meingkatkan relasi anggota PT Vena energy memediasi antara pihak JBL dengan pemerintah setempat melalui audiensi dan mengadakan MOU dengan ritel modern, terkahir PT Vena energy mendorong anggota untuk mampu mengutarakan pendapat melalui forum maupun di luar forum dengan metode palatihan sharing interaktif, dari pihak kelurahan menarik anggota menjadi kader posyandu dan pembangunanen_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectPemberdayaan Wanitaen_US
dc.subjectCSR, Islamen_US
dc.titlePemberdayaan Wanita Pada Program Csr Pt Vena Energy Dalam Perspektif Islam (Islamic Perspective On Women Empowerment In The Csr Initiatives Of Pt Vena Energy)en_US
dc.Identifier.NIM18423089


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record