Upaya Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Program Full Day School Di Sdit Al-Muslimin Kota Tasikmalaya
Abstract
Fenomena kemerosotan karakter dewasa ini bukan saja menimpa kalangan
dewasa, melainkan juga telah menimpa kalangan generasi muda. Terlebih pada saat
ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang sangat masif
pasti akan berdampak pada tingkah laku peserta didik yang tidak hanya membawa
dampak positif terdapat juga dampak negatif. Penguatan moralitas serta pembinaan
karakter religius sejak dini menjadi menjadi penting di masa sekarang.Adanya
penerapan program Full Day School pada suatu lembaga pendidikan pun bisa
menjadi salah satu alternatif untuk optimalisasi peningkatan kualitas mutu
pendidikan terlebih pembinaan karakter religius peserta didik secara maksimal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya pembinaan karakter religius
siswa melalui program Full Day School di SDIT Al-Muslimin Kota Tasikmalaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berisikan
penjelasan mengenai data yang diperoleh di lapangan secara langsung. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokmentasi, sementara
Teknik analisis data dari kondensasi data yang merujuk kepada pemilihan,
pemfokusan, penyederhanaan, peringkasan, serta transformasi data, dilanjutkan
dengan penyajian data, serta di akhir penarikan kesimpulan dan verifikasi model
Miles dan Huberman.
Hasil penelitian yang dilakukan bahwa dalam melalui beberapa cara yaitu
melalui program-program keagamaan dan pembiasaan karakter baik yang dalam
pembinaannya terdapat strategi-strategi yang diterapkan para guru yang dinilai
efektif yaitu peneladanan, pendampingan, serta reward & punishment baik itu
dalam program pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. beberapa Faktor
yang mendukung yaitu antara lain Yayasan, kualifikasi guru, persamaan persepsi
orang tua, penguatan tujuan awal program, serta masyarakat sekitar sekolah.
Adapun faktor penghambatnya yaitu kurang tegasnya regulasi guru dan
ketidaksamaan persepsi orang tua.
Collections
- Islamic Education [864]