Show simple item record

dc.contributor.advisorSupriyanto Abdi, S.Ag., MCAA
dc.contributor.authorRIDWAN RAIS
dc.date.accessioned2022-12-23T02:47:06Z
dc.date.available2022-12-23T02:47:06Z
dc.date.issued2022-09-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41288
dc.description.abstractFenomena kemerosotan karakter dewasa ini bukan saja menimpa kalangan dewasa, melainkan juga telah menimpa kalangan generasi muda. Terlebih pada saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang sangat masif pasti akan berdampak pada tingkah laku peserta didik yang tidak hanya membawa dampak positif terdapat juga dampak negatif. Penguatan moralitas serta pembinaan karakter religius sejak dini menjadi menjadi penting di masa sekarang.Adanya penerapan program Full Day School pada suatu lembaga pendidikan pun bisa menjadi salah satu alternatif untuk optimalisasi peningkatan kualitas mutu pendidikan terlebih pembinaan karakter religius peserta didik secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya pembinaan karakter religius siswa melalui program Full Day School di SDIT Al-Muslimin Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berisikan penjelasan mengenai data yang diperoleh di lapangan secara langsung. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokmentasi, sementara Teknik analisis data dari kondensasi data yang merujuk kepada pemilihan, pemfokusan, penyederhanaan, peringkasan, serta transformasi data, dilanjutkan dengan penyajian data, serta di akhir penarikan kesimpulan dan verifikasi model Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa dalam melalui beberapa cara yaitu melalui program-program keagamaan dan pembiasaan karakter baik yang dalam pembinaannya terdapat strategi-strategi yang diterapkan para guru yang dinilai efektif yaitu peneladanan, pendampingan, serta reward & punishment baik itu dalam program pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. beberapa Faktor yang mendukung yaitu antara lain Yayasan, kualifikasi guru, persamaan persepsi orang tua, penguatan tujuan awal program, serta masyarakat sekitar sekolah. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurang tegasnya regulasi guru dan ketidaksamaan persepsi orang tua.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectPembinaan Karakteren_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.subjectFull Day Schoolen_US
dc.titleUpaya Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Program Full Day School Di Sdit Al-Muslimin Kota Tasikmalayaen_US
dc.Identifier.NIM18422136


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record