Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Membina Kesehatan Mental Peserta Didik Kabupaten Cilacap
Abstract
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini ialah adanya pandemi covid 19
sangat mempengaruhi dunia pendidikan, banyak kebijakan baru dalam
pembelajaran di Sekolah Dasar yang memberikan dampak kepada peserta didik.
Banyak Peserta didik yang mudah lelah, semangat menurun dikarenakan
pembelajaran daring dan membutuhkan proses penyesuaian lagi dengan belajar
berdampingan dengan wabah covid-19 ini, sehingga peneliti ingin mengetahui apa
saja yang hal yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam untuk menjaga
keseimbangan mental peserta didik di tengah pandemi ini.
Dalam penulisan penelitian ini peneliti menggunakan penelitian studi kasus
yang fokus kepada guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kabupaten
Cilacap. Pengambilan data dengan menggunakan 3 cara yaitu wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data ialah
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan data, dan uji validitas data
dengan menggunakan triangulasi. Peneliti berusaha menjawab beberapa
pertanyaan yaitu : Bertema, Peran yang dilakukan oleh guru PAI Sekolah Dasar
Dalam membina kesehatan mental peserta didik di tengah pandemi Covid-19,
Kedua apa saja Faktor pendukung dan penghambat kegiatan pembinaan yang
dilakukan oleh Guru PAI Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar di Kabupaten
Cilacap
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ialah guru Pendidikan Agama
Islam memiliki kesadaran penuh akan pentingnya menjaga kesehatan mental
peserta didik. Guru PAI memiliki peran yang baik dalam membina kesehatan
mental peserta didik di tengah adanya pandemi ini. Perannya antara lain
memberikan teladan yang baik, memberikan nasehat, memberikan pembelajaran
yang menarik, memiliki komunikasi yang baik antara guru dan wali siswa,
memberikan pembiasaan yang baik, memberikan motivasi dengan pujian dan
memberikan hukuman dan hadiah.
Collections
- Islamic Education [864]