Show simple item record

dc.contributor.authorDAROJATUN KHASANAH
dc.date.accessioned2022-12-23T02:38:10Z
dc.date.available2022-12-23T02:38:10Z
dc.date.issued2022-09-28
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41285
dc.description.abstractHal yang melatarbelakangi penelitian ini ialah adanya pandemi covid 19 sangat mempengaruhi dunia pendidikan, banyak kebijakan baru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar yang memberikan dampak kepada peserta didik. Banyak Peserta didik yang mudah lelah, semangat menurun dikarenakan pembelajaran daring dan membutuhkan proses penyesuaian lagi dengan belajar berdampingan dengan wabah covid-19 ini, sehingga peneliti ingin mengetahui apa saja yang hal yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam untuk menjaga keseimbangan mental peserta didik di tengah pandemi ini. Dalam penulisan penelitian ini peneliti menggunakan penelitian studi kasus yang fokus kepada guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kabupaten Cilacap. Pengambilan data dengan menggunakan 3 cara yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data ialah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan data, dan uji validitas data dengan menggunakan triangulasi. Peneliti berusaha menjawab beberapa pertanyaan yaitu : Bertema, Peran yang dilakukan oleh guru PAI Sekolah Dasar Dalam membina kesehatan mental peserta didik di tengah pandemi Covid-19, Kedua apa saja Faktor pendukung dan penghambat kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh Guru PAI Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar di Kabupaten Cilacap Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ialah guru Pendidikan Agama Islam memiliki kesadaran penuh akan pentingnya menjaga kesehatan mental peserta didik. Guru PAI memiliki peran yang baik dalam membina kesehatan mental peserta didik di tengah adanya pandemi ini. Perannya antara lain memberikan teladan yang baik, memberikan nasehat, memberikan pembelajaran yang menarik, memiliki komunikasi yang baik antara guru dan wali siswa, memberikan pembiasaan yang baik, memberikan motivasi dengan pujian dan memberikan hukuman dan hadiah.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectPeranen_US
dc.subjectKesehatan Mentalen_US
dc.subjectGuru PAIen_US
dc.subjectPandemi Covid-19en_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Membina Kesehatan Mental Peserta Didik Kabupaten Cilacapen_US
dc.Identifier.NIM18422061


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record