Pengaruh Islamic Social Reporting (Isr) Terhadap Reputasi Dan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2020 The Effects Of Islamic Social Reporting On The Reputation And Financial Performance Of Sharia Commercial Banks In Indonesia In The Period Of 20152020
Abstract
Perusahaan yang memiliki reputasi dan kinerja keuangan yang baik
dipertimbangkan oleh pelaku bisnis terhadap pelaporan ekonomi. Belakangan ini
menunjukkan perkembangan perbankan syariah cenderung pasif di tengah
tingginya penduduk muslim Indonesia yang terbesar di dunia. Penelitian ini
berjudul “Pengaruh Islamic Social Responsibility Terhadap Reputasi Perusahaan
Dan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2015-2020”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Social Reporting
terhadap reputasi dan kinerja keuangan pada bank umum Syariah.
Jenis penelitian kuantitatif, jenis data sekunder. Populasinya adalah
seluruh Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.
Data berupa laporan keuangan tahunan selama periode 2015-2020, sampel
sebanyak 8 bank umum Syariah. Metode analisis statistik inferesial, uji asumsi
klasik (uji normalitas, uji non autokorelasi, uji homosedastis, uji multikolineritas),
regresi sederhana, ujiR2 dan uji t.
Hasil pengolahan data, uji asumsi klasik data berdistribusi normal. Hasil
uji t menunjukkan bahwa variabel ISR berpengaruh positif dan signifikan
terhadap reputasi perusahaan dan variable ISR tidak berpengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksi dengan ROA, ROE, NPM dan
GPM. Uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel ISR dalam
mempengaruhi reputasi perusahaan sebesar 32,2%, sedangkan terhadap kinerja
keuangan yang diproksi dengan ROA sebesar 2,4%, ROE sebesar 4%, GPM
sebesar 2% dan terhadap NPM sebesar 2,1%.
Collections
- Islamic Economics [828]