Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Nanang Nuryanta, M.Pd
dc.contributor.authorDIANA SALSABILA
dc.date.accessioned2022-12-21T03:20:41Z
dc.date.available2022-12-21T03:20:41Z
dc.date.issued2022-09-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41194
dc.description.abstractMenjadi berprestasi dalam sekolah merupakan impian semua orang, tetapi untuk mencapai keberhasilan dalam belajar harus melewati berbagai tantangan dan mengorbankan waktunya untuk belajar. Dalam mencapai prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor dalam diri (internal) dan faktor luar (eksternal). Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perbedaan cara mendidik orang tua dan pemenuhan kebutuhan sekolah dalam mendukung prestasi belajar anak di SDIT Muslimat NU Kluwut. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh antara latar belakang pendidikan orang tua dan kondisi ekonomi terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III-VI yang berjumlah 147 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive cluster random sampling dan responden yang digunakan 50% dari total populasi yaitu 74 siswa. Pengambilan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan bantuan program SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa PAI dengan nilai Thitung 2,139 > Ttabel 1,994 pada taraf signifikan 0,036 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh signifikan dengan arah negatif antara kondisi ekonomi terhadap prestasi belajar siswa PAI dengan nilai Thitung -2,134 > Ttabel 1,994 pada taraf signifikansi 0,036 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh signifikan secara bersamaan antara latar belakang pendidikan orang tua dan kondisi ekonomi terhadap prestasi belajar PAI dengan nilai Fhitung 3,301 > Ftabel 3,12 pada taraf signifikansi 0,043 < 0,05. Besar perolehan pengaruh latar belakang pendidikan orang tua dan kondisi ekonomi terhadap prestasi belajar siswa PAI adalah 8,5%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectlatar belakang pendidikanen_US
dc.subjectkondisi ekonomien_US
dc.subjectprestasi belajaren_US
dc.titlePengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Dan Kondisi Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Muslimat Nahdlatul Ulama Kluwut Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2021/2022en_US
dc.Identifier.NIM18422192


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record