Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menanggulangi Dekadensi Akhlak Siswa Di Man 3 Sleman
Abstract
Akhlak merupakan dasar dari keimanan seseorang yang harus diajarkan
serta ditanamkan kepada generasi muda sejak dini baik dilingkungan keluarga,
sekolah maupun masyarakat. Peran sekolah terutama guru akidah akhlak sangat
membawa pengaruh besar dalam pembentukan akhlak yang baik untuk siswa
melalui pembelajaran akidah akhlak. Berdasarkan observasi yang dilakukan
peneliti, MAN 3 Sleman juga memiliki beberapa siswa dengan akhlak yang kurang
baik seperti bermain HP dan mengobrol saat pelajaran, tidak mendengarkan guru
saat sedang menjelaskan materi, telat mengumpulkan tugas dan sebagainya. Hal
tersebut melahirkan fokus penelitian pada upaya guru akidah akhlak dalam
menanggulangi dekadensi akhlak siswa di MAN 3 Sleman.
Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kualitatif dengan
metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian yaitu guru akidah akhlak dan siswa. Penelitian
dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan guna mencari data. Teknik analisis
data menggunakan teknik menurut Miles and Huberman yaitu reduksi data, display
data (penyajian data), dan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa bentuk dekadensi akhlak
siswa di MAN 3 Sleman masih tergolong wajar dalam artian tidak sampai
melanggar norma hukum dan agama seperti membolos, merokok, terlambat masuk
sekolah, dan lain-lain. Upaya yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam
melanggulangi dekadensi tersebut dengan tiga tahap yaitu upaya preventif, upaya
represif, dan pembinaan. Pada penelitian ini juga menghasilkan faktor pendukung
yaitu Kurikulum, kerjasama guru dan program unggulan pendidikan karakter serta
faktor penghambat seperti kurangnya kesadaran siswa, belum adanya kerja sama
dan faktor lingkungan.
Collections
- Islamic Education [862]