Show simple item record

dc.contributor.advisorSyaifulloh Yusuf, S.Pd.I., M.Pd.I.
dc.contributor.advisor18422150
dc.contributor.authorMUHAMMAD YUSRIL WIKARDO
dc.date.accessioned2022-12-21T03:09:41Z
dc.date.available2022-12-21T03:09:41Z
dc.date.issued2022-09-29
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41188
dc.description.abstractAkhlak merupakan dasar dari keimanan seseorang yang harus diajarkan serta ditanamkan kepada generasi muda sejak dini baik dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Peran sekolah terutama guru akidah akhlak sangat membawa pengaruh besar dalam pembentukan akhlak yang baik untuk siswa melalui pembelajaran akidah akhlak. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, MAN 3 Sleman juga memiliki beberapa siswa dengan akhlak yang kurang baik seperti bermain HP dan mengobrol saat pelajaran, tidak mendengarkan guru saat sedang menjelaskan materi, telat mengumpulkan tugas dan sebagainya. Hal tersebut melahirkan fokus penelitian pada upaya guru akidah akhlak dalam menanggulangi dekadensi akhlak siswa di MAN 3 Sleman. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian yaitu guru akidah akhlak dan siswa. Penelitian dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan guna mencari data. Teknik analisis data menggunakan teknik menurut Miles and Huberman yaitu reduksi data, display data (penyajian data), dan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa bentuk dekadensi akhlak siswa di MAN 3 Sleman masih tergolong wajar dalam artian tidak sampai melanggar norma hukum dan agama seperti membolos, merokok, terlambat masuk sekolah, dan lain-lain. Upaya yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam melanggulangi dekadensi tersebut dengan tiga tahap yaitu upaya preventif, upaya represif, dan pembinaan. Pada penelitian ini juga menghasilkan faktor pendukung yaitu Kurikulum, kerjasama guru dan program unggulan pendidikan karakter serta faktor penghambat seperti kurangnya kesadaran siswa, belum adanya kerja sama dan faktor lingkungan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectUpaya Guru Akidah Akhlaken_US
dc.subjectSiswaen_US
dc.subjectDekadensien_US
dc.titleUpaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menanggulangi Dekadensi Akhlak Siswa Di Man 3 Slemanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record