Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Akibat Broken Home Di Sdn Kadisobo 3 Sleman
Abstract
Permasalahan broken home memiliki dampak besar terhadap anak, terutama
terhadap motivasi belajar. Motivasi merupakan salah satu element penting dalam dunia
pendidikan terutama dalam proses pembelajaran dalam kelas. Guru memegang peranan
penting dalam memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
upaya yang dilakukan oleh guru kelas IV dan VI di SDN Kadisobo 3 dalam memotivasi
belajar siswa broken home.
penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru kelas IV,
guru kelas VI, siswa kelas IV, siswa kelas VI. Penelitian ini menggunakan tenik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, supply data, dan penarikan kesimpulan.
Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber.
Hasil penelitian ditemukan upaya yang dilakukan guru kelas IV dan kelas VI
berupa pendekatan personal, pemberian toleransi, bercerita, menasihati, dan home visit.
Dalam upaya memotivasi terdapat beberapa faktor pendukung yang berasal dari siswa,
warga sekolah, materi pembelajaran, dan prasarana sekolah. Selain itu terdapat faktor
penghambat yaitu berasal dari siswa, orang tua siswa, dan sarana.
Collections
- Islamic Education [862]