Show simple item record

dc.contributor.advisorBurhan Nudin, S.Pd.I., M.Pd.I.
dc.contributor.authorHARDIANSYAH
dc.date.accessioned2022-12-21T03:05:46Z
dc.date.available2022-12-21T03:05:46Z
dc.date.issued2022-09-28
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41186
dc.description.abstractPermasalahan broken home memiliki dampak besar terhadap anak, terutama terhadap motivasi belajar. Motivasi merupakan salah satu element penting dalam dunia pendidikan terutama dalam proses pembelajaran dalam kelas. Guru memegang peranan penting dalam memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru kelas IV dan VI di SDN Kadisobo 3 dalam memotivasi belajar siswa broken home. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru kelas IV, guru kelas VI, siswa kelas IV, siswa kelas VI. Penelitian ini menggunakan tenik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, supply data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ditemukan upaya yang dilakukan guru kelas IV dan kelas VI berupa pendekatan personal, pemberian toleransi, bercerita, menasihati, dan home visit. Dalam upaya memotivasi terdapat beberapa faktor pendukung yang berasal dari siswa, warga sekolah, materi pembelajaran, dan prasarana sekolah. Selain itu terdapat faktor penghambat yaitu berasal dari siswa, orang tua siswa, dan sarana.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBroken Homeen_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.subjectUpaya Guruen_US
dc.titleUpaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Akibat Broken Home Di Sdn Kadisobo 3 Slemanen_US
dc.Identifier.NIM18422138


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record