Strategi Pembinaan Karakter Dari Pengaruh Media Sosial Dimtsn 7 Sleman
Abstract
Seluruh orang dari yang muda hingga yang tua pasti menggunakan media
sosial. Ini terjadi dikarenakan dampak dari perkembangan teknologi yang begitu
pesat dan berbagai macam media sosial yang mengiklankankan secara menarik
sehingga besar daya Tarik masyarakat dalam penggunaanya, namun hal ini
memiliki dampak yang besar pada siswa yang masih menuntut ilmu, termasuk
siswa MTsN 7 Sleman, maka dari itu pihak sekolah menegaskan kepada seluruh
siswa untuk bijak dalam penggunaan media sosial, maka dari itulah ada sesuatu hal
yang bertentangan sehingga menimbulkan daya Tarik untuk disaksikan bagaimana
karakter siswa MTsN 7 Sleman dalam menyikapi hal ini, maka dari itu penelitian
ini menuju pada dua persoalan yang harus dijawab yaitu bagaimana karakter siswa
MTsN 7 Sleman ini dalam penggunaan smartphone, dan aplikasi media sosial serta
bagaimana strategi dalam pembinaan karakter ini tujuan dari penelitian ini adalah
pertama Untuk mengetahui karakter siswa MTsN 7 Sleman mengenai penggunaan
handphone dan berbagai aplikasi didalamnya, yang kedua Untuk Melihat strategi
Membina Karakter siswa MTsN 7 Sleman dalam menghadapi pengaruh
penggunaan handphone dan media sosial
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field research) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi Serta
subjek pada penelitian ini merupakan siswa dan guru Madrasah Tsnawiyyah Negri
7 Sleman, sedangkan analisis data yang digunakan adalah Teori Milles dan
hubermen yaitu Koleksi Data, Reduksi Data, penyajian Data dan Penarikan
Kesimpulan
Hasil dari penelitian ini bahwa : pertama karakter yang dimiliki oleh siswa
MTsN 7 Sleman ini terkait dengan penggunaan media sosial sudah cukup baik serta
dari siswa ini memiliki berbagai macam karakter yang tentunya karakter-karakter
yang positive , kedua strategi pembinaan karakter yang dilakukan oleh pendidik ini
sudah optimal dan baik didalam pembinaanya dikarenakan baik itu system sekolah
maupun guru antara satu dengan yang lainnya saling menguatkan yaitu dengan
tujuan menjadikan siswa dimadrasah memiliki karakter yang baik
Collections
- Islamic Education [918]