Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, MIS
dc.contributor.authorMUHAMMAD IQBAL
dc.date.accessioned2022-12-21T02:44:17Z
dc.date.available2022-12-21T02:44:17Z
dc.date.issued2022-09-29
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41177
dc.description.abstractPendidikan agama merupakan proses dalam menciptakan rasa kemanusiaan. Dengan menerapkan agama dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan manusia dapat hidup sebagai manusia yang menyadari kewajibannya. Mengajarkan Pendidikan agama dilakukan sejak dini supaya anak tersebut hidupnya terarah dan tidak ke arah yang salah. Pendidikan agama dapat dipelajari sejak kecil dengan belajar agama di sekolah dan di TPA. Di desa Btn Karang Asam terdapat kegiatan TPA yang berada di dekat SD 08 Lawang Kidul. Walaupun lokasi TPA berada di dekat lokasi SD 8 Lawang Kidul, akan tetapi tidak banyak siswa SD tersebut mengikuti kegiatan TPA. Padahal dengan mengikuti kegiatan TPA, anak-anak dapat memperoleh ilmu tambahan tentang keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran di TPA berpengaruh dalam pembelajaran PAI dan pencapaian prestasi belajar PAI di kelas 5 SDN 08 Lawang Kidul. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan menerapkan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SDN 08 Lawang Kidul sudah melaksanakan pembelajaran berbasis kurikulum. Pembelajaran juga disesuaikan oleh guru dengan menerapkan proses pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan tujuan pembelajaran kurikulum. Dengan menerapkan pembelajaran berdasar kurikulum, dapat disimpulkan bahwa pendidikan TPA berpengaruh dalam memahami agama dan dalam mencapai prestasi belajar baik dalam pembelajaran akademik maupun non akademik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectTPAen_US
dc.subjectPrestasien_US
dc.titlePelaksanaan Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpa) Dalam Mempengaruhi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas 05 Sd 08 Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatanen_US
dc.Identifier.NIM18422105


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record