Strategi Pengembangan Budaya Religius Melalui Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Sdn Candirejo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman
Abstract
Era modern saat ini menimbulkan berbagai perubahan gaya hidup remaja.
Masuknya budaya luar tanpa disaring terlebih dahulu, menyebabkan masuknya
dampak negatif berkembang dengan cepat. Contohnya, berpakaian ala barat,
merokok sejak remaja, tawuran antar pelajar, serta emosi yang kadang tidak dapat
dikontrol dengan baik, sehingga menyebabkan berkata kasar. Dalam menangani
dampak negatif agar tidak berkelanjutan lembaga pendidikan memiliki peran yang
penting untuk menumbuhkan budaya religius peserta didik. SDN Candirejo adalah
segelintir dari banyaknya lmebaga pendidikan di Indonesia yang berdedikasi dalam
menanamkan dan mengembangkan budaya religius dikalangan siswanya. Salah
satu strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan religius siswanya yaitu
dengan menciptakan budaya religius di lingkungan sekolah dengan diadakannya
pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an.
Penelitian ini menjadi penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Tujuan
memilih penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan strategi pengembangan
budaya religius yang digunakan guru dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di
SDN Candirejo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman dan Mendeskripsikan Hasil
dari penerapan strategi pengembangan budaya religius dalam pembelajaran AlQur’an di SDN Candirejo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi serta untuk menverifiksi data yang ada peneliti
menggunakan teknik perpanjangan pengamatan serta triangulasi.
Hasil penelitian menyimpulkan, untuk mewujudkan pembelajaran yang
sesuai dengan sasaran tentunya dibutuhkan strategi dari guru. Dalam menentukan
strategi, guru melalui tahapan perencanaan, penerapan, dan evaluasi. Hasil positif
dari penerapan Strategi Pengembanagn Budaya Religius Melalui Pembelajaran
Baca Tulis As-Qur’an di SDN Candirejo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman
yang diterapkan menunjukan kemajuan budaya religius siswa dalam kesehariannya,
meliputi religiusitas dari segi ilmu, akhlak, dan amal siswa.
Collections
- Islamic Education [864]