Show simple item record

dc.contributor.advisorKurniawan Dwi Saputra, Lc., M.Hum
dc.contributor.authorNUR LAILA SUKOWATI
dc.date.accessioned2022-12-21T02:30:40Z
dc.date.available2022-12-21T02:30:40Z
dc.date.issued2022-09-30
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41171
dc.description.abstractEra modern saat ini menimbulkan berbagai perubahan gaya hidup remaja. Masuknya budaya luar tanpa disaring terlebih dahulu, menyebabkan masuknya dampak negatif berkembang dengan cepat. Contohnya, berpakaian ala barat, merokok sejak remaja, tawuran antar pelajar, serta emosi yang kadang tidak dapat dikontrol dengan baik, sehingga menyebabkan berkata kasar. Dalam menangani dampak negatif agar tidak berkelanjutan lembaga pendidikan memiliki peran yang penting untuk menumbuhkan budaya religius peserta didik. SDN Candirejo adalah segelintir dari banyaknya lmebaga pendidikan di Indonesia yang berdedikasi dalam menanamkan dan mengembangkan budaya religius dikalangan siswanya. Salah satu strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan religius siswanya yaitu dengan menciptakan budaya religius di lingkungan sekolah dengan diadakannya pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Penelitian ini menjadi penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Tujuan memilih penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan strategi pengembangan budaya religius yang digunakan guru dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SDN Candirejo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman dan Mendeskripsikan Hasil dari penerapan strategi pengembangan budaya religius dalam pembelajaran AlQur’an di SDN Candirejo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta untuk menverifiksi data yang ada peneliti menggunakan teknik perpanjangan pengamatan serta triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan, untuk mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan sasaran tentunya dibutuhkan strategi dari guru. Dalam menentukan strategi, guru melalui tahapan perencanaan, penerapan, dan evaluasi. Hasil positif dari penerapan Strategi Pengembanagn Budaya Religius Melalui Pembelajaran Baca Tulis As-Qur’an di SDN Candirejo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman yang diterapkan menunjukan kemajuan budaya religius siswa dalam kesehariannya, meliputi religiusitas dari segi ilmu, akhlak, dan amal siswa.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectBudaya Religiusen_US
dc.subjectBaca Tulis Al-Qur’anen_US
dc.titleStrategi Pengembangan Budaya Religius Melalui Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Sdn Candirejo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Slemanen_US
dc.Identifier.NIM18422101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record