Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah MIS
dc.contributor.authorMUHAMMAD RIZKI
dc.date.accessioned2022-12-21T02:18:47Z
dc.date.available2022-12-21T02:18:47Z
dc.date.issued2022-09-29
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41164
dc.description.abstractMetode Iqro’ merupakan salah satu metode pembelajaran al-Qur’an yang praktis untuk dapat memudahkan siswa dalam belajar membaca al-Qur’an didalamnya diperkenalkan dengan huruf hijaiyah dan kaidah ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui Bagaimana Penerapan Metode Iqra’ Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di TPQ Al-Musthafawiyyah. 2. Mengetahui Apa Saja Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Penerapan Metode Iqra’ Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di TPQ Al-Musthafawiyyah. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian murid TPQ Al-Musthafawiyyah, guru-guru di TPQ AlMusthafawiyyah, serta ketua Yayasan TPQ Al-Musthafawiyyah. Adapun objek dalam penelitian ini adalah implementasi metode iqra sebagai pembelajaran pertama al-quran di TPQ Al-Musthafawiyyah di Desa Sungai Kuning Provinsi Riau. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu memiliki kriteria tertentu yang dapat memperkuat alasan seseorang menjadi subjek penelitiannya. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan interaktif analisis Penerapan Metode Iqra’ Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di TPQ AlMusthafawiyyah diterapkan melalui tiga indicator yakni penetapan standarisasi dalam mengajar Al-Quran, Pembagian Kelas untuk murid sesuai jenjang belajar, dan Materi ajar yang dikategorikan dalam dua bentuk yakni pokok dan penunjang. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Penerapan Metode Iqra’ Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di TPQ Al-Musthafawiyyah terbagi menjadi empat yakni, latar belakang guru, pengalaman belajar Al-Quran guru, Kemampuan Murid, Waktu yang tersedia. Kemampuan murid yang beragam juga menjadi factor yang cukup berpengaruh sebab tidak semua murid mamiliki kemampua yang sama, serta waktu ketersediaan waktu belajar yang dialokasikan dengan baik oleh guru. Pointpoint tersebut membuat guru dan siswa lebih mudah dan siap untuk melakukan kegiatan belajar mengajar Al-Quran.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetode Iqraen_US
dc.subjectPembelajaran Al-Quranen_US
dc.titleImplementasi Metode Iqra’ Sebagai Pembelajaran Pertama Membaca Al-Qur’an Di Tpq Al-Musthafawiyyah Desa Sungai Kuning Provinsi Riauen_US
dc.Identifier.NIM18422085


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record