Analisis Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Ptmt) Dalam Pembelajaran Pai Di Sma Uii Yogyakarta
Abstract
Pembelajaran daring atau PTMT dilakukan untuk meminimalisir
penyebaran virus covid 19 khususnya bagi peserta didik dan guru. Salah satunya
adalah SMA UII Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penerapan pembelajaran tatap muka terbatas dalam pembelajaran PAI di SMA UII
Yogyakarta. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan penelitian perwakilan pada 3
kelas, Guru PAI, serta Kepala Sekolah SMA UII Yogyakarta dan menggunakan
teknik Purposive Sampling yaitu dengan cara memiliki kriteria tertentu yang
menjadi subjek penelitiannya dalam pelaksanaan pembelajaraan tatap muka
terbatas ini. Dan adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.
Hasil penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran tatap muka terbatas di
SMA UII Yogyakarta sudah terlaksana cukup baik, peserta didik dan guru telah
memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan , hal itu menggambarkan
kesiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas. Dalam penerapan
pembelajaran tatap muka terbatas guru sudah melakukan perencanaan
pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu
menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran
yang disesuaikan dengan peserta didik. Pembelajaran tatap muka terbatas ini
mampu memndorong guru untuk lebih kreatif dan fokus dalam mengajar selain itu
siswa dituntut untuk lebih kreatif juga ketika penejelasan materi yang dijelaskan
oleh guru agar termotivasi untuk lebih aktif. Namun, pembelajaran tatap muka ini
memiliki kendala yakni kondisi jaringan yang tidak terus stabil sehingga
menghambat pembelajaran dan kesulitan pada peserta didik untuk mengikuti
pembelaran pada saat dirumah sedangkan kendala yang dialami di ruang kelas
yakni seing kali mengantuk saat dijelaskan oleh guru. Guru dan peserta didik harus
benar-benar fokus dalam melaksanakan pembeajaran tatap muka ini.
Collections
- Islamic Education [863]