Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Aden Wijdan SZ, M.Si
dc.contributor.authorSANDHA SYEISA AMANDA HARTONO
dc.date.accessioned2022-12-21T02:14:46Z
dc.date.available2022-12-21T02:14:46Z
dc.date.issued2022-09-27
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41162
dc.description.abstractPembelajaran daring atau PTMT dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus covid 19 khususnya bagi peserta didik dan guru. Salah satunya adalah SMA UII Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tatap muka terbatas dalam pembelajaran PAI di SMA UII Yogyakarta. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan penelitian perwakilan pada 3 kelas, Guru PAI, serta Kepala Sekolah SMA UII Yogyakarta dan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu dengan cara memiliki kriteria tertentu yang menjadi subjek penelitiannya dalam pelaksanaan pembelajaraan tatap muka terbatas ini. Dan adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran tatap muka terbatas di SMA UII Yogyakarta sudah terlaksana cukup baik, peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan , hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas. Dalam penerapan pembelajaran tatap muka terbatas guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik. Pembelajaran tatap muka terbatas ini mampu memndorong guru untuk lebih kreatif dan fokus dalam mengajar selain itu siswa dituntut untuk lebih kreatif juga ketika penejelasan materi yang dijelaskan oleh guru agar termotivasi untuk lebih aktif. Namun, pembelajaran tatap muka ini memiliki kendala yakni kondisi jaringan yang tidak terus stabil sehingga menghambat pembelajaran dan kesulitan pada peserta didik untuk mengikuti pembelaran pada saat dirumah sedangkan kendala yang dialami di ruang kelas yakni seing kali mengantuk saat dijelaskan oleh guru. Guru dan peserta didik harus benar-benar fokus dalam melaksanakan pembeajaran tatap muka ini.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectPenerapanen_US
dc.subjectPTMTen_US
dc.subjectPembelajaran PAIen_US
dc.titleAnalisis Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Ptmt) Dalam Pembelajaran Pai Di Sma Uii Yogyakartaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record