Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Tbhq (Studi Kasus Pada Peserta Didik Sdn Kledokan, Selomartani, Kalasan, Sleman)
Abstract
Di kehidupan sehari - hari Pendidikan Agama Islam memiliki peranan
penting untuk bekal hidup peserta didik. Terlebih mengenai Baca, Tulis, dan
Hafal Al-Qur‘an (TBHQ). Apabila memerhatikan keadaan sekitar yang terjadi
saat ini, banyak Lembaga pendidikan yang masih mengutamakan pendidikan
formalnya saja, padahal dari segi spiritual juga harus diperhatikan. mengingat di
tengah era globalisasi seperti sekarang ini terdapat moral remaja yang semakin
memprihatinkan. Sehingga Penelitian dengan judul Penerapan Metode Tutor
Sebaya dalam meningkatkan TBHQ (Studi kasus pada siswa SDN Kledokan,
Selomartani, Kalasan, Sleman) ini hadir dengan tujuan untuk mengetahui proses
penerapan metode Tutor Sebaya dalam meningkatkan kemampuan TBHQ peserta
didik SDN Kledokan.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan kelas dengan
model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian yaitu
siswa kelas V SDN Kledokan semester genap tahun akademik 2021/2022 yang
berjumlah 20 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data
menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat pra siklus hasil rata-rata
kemampuan TBHQ siswa sebanyak 9 siswa yang tuntas dari total siswa
keseluruhan yaitu 20 siswa. Setelah dilakukan siklus I kemampuan TBHQ siswa
meningkat menjadi 80%, dan masih terdapat 4 siswa yang belum tuntas. Pada
siklus II rata-rata siswa mencapai 100 % dengan kategori tuntas untuk semua
peserta didik kelas V. Sehingga dengan ini penerapan metode tutor sebaya dapat
meningkatkan kemampuan TBHQ siswa kelas V SDN Kledokan.
Collections
- Islamic Education [864]