Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. M. Hajar Dewantoro, M.Ag.
dc.contributor.authorNAILA LU'LU'ATUL MAKNUNAH
dc.date.accessioned2022-12-20T07:05:57Z
dc.date.available2022-12-20T07:05:57Z
dc.date.issued2022-09-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41141
dc.description.abstractDi kehidupan sehari - hari Pendidikan Agama Islam memiliki peranan penting untuk bekal hidup peserta didik. Terlebih mengenai Baca, Tulis, dan Hafal Al-Qur‘an (TBHQ). Apabila memerhatikan keadaan sekitar yang terjadi saat ini, banyak Lembaga pendidikan yang masih mengutamakan pendidikan formalnya saja, padahal dari segi spiritual juga harus diperhatikan. mengingat di tengah era globalisasi seperti sekarang ini terdapat moral remaja yang semakin memprihatinkan. Sehingga Penelitian dengan judul Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam meningkatkan TBHQ (Studi kasus pada siswa SDN Kledokan, Selomartani, Kalasan, Sleman) ini hadir dengan tujuan untuk mengetahui proses penerapan metode Tutor Sebaya dalam meningkatkan kemampuan TBHQ peserta didik SDN Kledokan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Kledokan semester genap tahun akademik 2021/2022 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat pra siklus hasil rata-rata kemampuan TBHQ siswa sebanyak 9 siswa yang tuntas dari total siswa keseluruhan yaitu 20 siswa. Setelah dilakukan siklus I kemampuan TBHQ siswa meningkat menjadi 80%, dan masih terdapat 4 siswa yang belum tuntas. Pada siklus II rata-rata siswa mencapai 100 % dengan kategori tuntas untuk semua peserta didik kelas V. Sehingga dengan ini penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan TBHQ siswa kelas V SDN Kledokan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetode Tutor Sebayaen_US
dc.subjectTBHQen_US
dc.subjectPTKen_US
dc.titlePenerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Tbhq (Studi Kasus Pada Peserta Didik Sdn Kledokan, Selomartani, Kalasan, Sleman)en_US
dc.Identifier.NIM18422036


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record