Analisis Aspek Motivasi Belajar Dalam Film “Jembatan Pensil” Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam
Abstract
Di era zaman serba canggih ini, menuntut berbagai pihak untuk selalu
mengikuti perkembangan khususnya pada lembaga pendidikan. Film sebagai media
audiovisual yang menyuguhkan berbagai pandangan setiap penonton. Film
Jembatan Pensil adalah film yang memberikan pesan dan aspek motivasi belajar,
sehingga sangat sesuai untuk dijadikan referensi pembelajaran pada dunia
pendidikan. Aspek motivasi belajar pada film Jembatan Pensil juga terdapat
relevansi dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)
Untuk menganalisis aspek motivasi belajar yang terkandung dalam film “Jembatan
Pensil” (2) Untuk mengaitkan antara aspek motivasi belajar yang terkandung dalam
film “Jembatan Pensil” dengan Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan teori
semiotika untuk mengkaji tanda-tanda dalam film Jembatan Pensil dan jenis
penelitian studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan data
menggunakan metode dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan analisis
isi (content analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat aspek motivasi
belajar di dalamnya, yakni: Dorongan untuk mencapai tujuan yang diharapkan,
Komitmen, Inisiatif, Optimis. Selain itu peneliti menemukan empat aspek motivasi
belajar yang terdapat di film Jembatan Pensil juga memiliki relevansi dengan tiga
pokok nilai Pendidikan Agama Islam, yakni: Itiqadiyah, Amaliyah, dan
Khuluqiyah.
Collections
- Islamic Education [862]