Show simple item record

dc.contributor.advisorBurhan Nudin, S. Pd.I., M. Pd.I.
dc.contributor.authorTITIS WAHYU MUJI LESTARI
dc.date.accessioned2022-12-20T06:54:49Z
dc.date.available2022-12-20T06:54:49Z
dc.date.issued2022-09-30
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41139
dc.description.abstractDi era zaman serba canggih ini, menuntut berbagai pihak untuk selalu mengikuti perkembangan khususnya pada lembaga pendidikan. Film sebagai media audiovisual yang menyuguhkan berbagai pandangan setiap penonton. Film Jembatan Pensil adalah film yang memberikan pesan dan aspek motivasi belajar, sehingga sangat sesuai untuk dijadikan referensi pembelajaran pada dunia pendidikan. Aspek motivasi belajar pada film Jembatan Pensil juga terdapat relevansi dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menganalisis aspek motivasi belajar yang terkandung dalam film “Jembatan Pensil” (2) Untuk mengaitkan antara aspek motivasi belajar yang terkandung dalam film “Jembatan Pensil” dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan teori semiotika untuk mengkaji tanda-tanda dalam film Jembatan Pensil dan jenis penelitian studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat aspek motivasi belajar di dalamnya, yakni: Dorongan untuk mencapai tujuan yang diharapkan, Komitmen, Inisiatif, Optimis. Selain itu peneliti menemukan empat aspek motivasi belajar yang terdapat di film Jembatan Pensil juga memiliki relevansi dengan tiga pokok nilai Pendidikan Agama Islam, yakni: Itiqadiyah, Amaliyah, dan Khuluqiyah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAspek Motivasi Belajaren_US
dc.subjectFilm Jembatan Pensilen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titleAnalisis Aspek Motivasi Belajar Dalam Film “Jembatan Pensil” Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islamen_US
dc.Identifier.NIM18422021


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record