Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Emisi KarbonPengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Emisi Karbon (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2017-2021 )
Abstract
Pengungkapan emisi gas rumah kaca oleh perusahaan merupakan salah satu
usaha yang dilakukan untuk menanggulangi permasalahan pemanasan global.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai peran leverage,
profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan terhadap variabilitas
pengungkapan gas rumah kaca. Populasi penelitian merupakan seluruh perusahaan
yang tergabung pada sektor industri dasar dan kimia. Sampel penelitian diperoleh
sebanyak 31 perusahaan dengan total 155 observasi melalui metode purposive
sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknik analisis data
dilakukan melalui analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian memberikan
bukti mengenai peran positif signifikan antara ukuran perusahaan dan pertumbuhan
perusahaan dengan pengungkapan emisi karbon pada sektor industri dasar dan
kimia. Sedangkan profitabilitas memiliki pengaruh yang negatif terhadap
pengungkapan emisi karbon pada sektor industri dasar dan kimia. Selain itu,
leverage tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon pada
perusahaan sektor industri dasar dan kimia.
Collections
- Akuntansi [4466]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Maulidya Nayahita, 14312124 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ...