Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Blog (Vlog): Chemistry In Daily Life
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
berbasis vlog: chemistry in daily life dan mengetahui kelayakan media
pembelajaran berbasis vlog: chemistry in daily life. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D
(Four-D). Tahap penelitian pengembangan yang dilakukan yang meliputi dari 3
tahapan yaitu tahap define, design, dan develop. Pada tahap define yaitu melakukan
analisis kebutuhan pada guru dan peserta didik di 3 sekolah yaitu SMAN 2 Sleman,
SMAN 1 Nganglik, SMAN 2 Nganglik dengan jumlah responden sebanyak 5 guru
kimia dan 109 peserta didik. Tahap design yaitu melakukan perancangan media
pembelajaran yang dikembangan, dan tahap develop yaitu pembuatan media
pembelajaran yang sudah dirancang dan menilai kelayakannya oleh ahli materi dan
ahli media. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kuesioner analisis
kebutuhan dan data penilaian kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli media.
Skor penilaian media pembelajaran berbasis vlog: chemistry in daily life sebesar
48,0 sehingga media pembelajaran dapat dikategorikan sangat baik (SB) dan layak
digunakan sebagai media pembelajaran.
Collections
- Chemistry Education [326]