Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen di Yogyakarta dalam Membeli Mobil Toyota Kijang (Studi Kasus di Kabupaten Sleman Yogyakarta)
Abstract
Toyota "Kijang" merupakan nama yang sudah tidak asing lagi di dunia
otomotif atau bermotor. Produk mobil Toyota Kijang merupakan hasil produksi
Toyota Astra Motor,yang pertama kali diciptakan pada tahun 1977. Semenjak
tahun tersebut, Toyota Astra Motor senantiasa melakukan perbaikan terhadap
produknya ini baik melalui inovasi maupun modifikasi, ubahan di bagian body
mobil, maupun di bagian mesinnya. Flingga saat ini telah diciptakan Toyota
Kijang hingga generasi kelima yang dikenal sebagai Kijang Innova, karena
produk generasi ini mengalami banyak perkembangan (evolusi) terutama di
bagian body mobil dan mesinnya sehingga berani bersaing di pasar mobil
minibus demi memenuhi kebutuhan pasar.
Nama Toyota Kijang mungkin sudah sangat dikenal oleh masyarakat
selaku konsumen sejak pertama kali diluncurkan. Terbukti dengan jumlah
penjualannya yang dari generasi ke generasi yang selalu mengalami peningkatan.
Selain itu nama Toyota Kijang bahkan sudah menjadi semacam "brand image"
untuk produk hasil Toyota Astra Motor Indonesia. Dalam pasar mobil minibus
dipastikan nama Toyota Kijang akan selalu jadi alternative pilihan konsumen
dalam memutuskan untuk membeli mobil terutama untuk jenis mobil minibus.
Berbagai faktor akan dihadapkan pada konsumen dalam menentukan
keputusan pembelian termasuk dalam pembelian mobil Toyota Kijang. Seseorang
bisa dihadapkan pada faktor harga mobil Toyota Kijang, kualitas produknya,
pelayanan dari staff perusahaannya, distribusi hasil produksinya, citra atau image
produk/ perusahaan, ikatan emosional konsumennya, termasuk pula referensi
yang merekomendasikan konsumen untuk memutuskan membeli mobil Toyota
Kijang. Wilayah kabupaten Sleman yang berada di bagian utara dan timur
propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu daerah dengan pasar
mobil minibus yang selalu berkembang, termasuk pula untuk pasar mobil Toyota
Kijang. Oleh karena itu penulis bermaksud untuk meneliti bagaimana pengaruh
faktor-faktor tersebut terhadap keputusan konsumen di kabupaten Sleman dalam
membeli mobil Toyota Kijang.
Dalam memecahkan permasalahan tersebut peneliti menggunakan
pendekatan ilmu perilaku konsumen serta analisis faktor. Berdasarkan hasil
kuesioner dan wawancara yang dilakukan oleh penulis guna memperoleh data
yang dibutuhkan serta dengan pendekatan ilmu dan alat analisis tersebut dapat
diketahui bahwa faktor-faktor tersebut berpengaruh terhadap keputusan
konsumen di Yogyakarta dalam membeli mobil Toyota Kijang. Sedangkan faktor
yang paling dominan pengaruhnya dari faktor-faktor yang diteliti tersebut adalah
faktor distribusi dan citra.
Collections
- Management [4550]