Penggunaan Tiktok Dan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Kimia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tiktok dan instagram sebagai media
pembelajaran kimia serta mengetahui kelayakan tiktok dan instagram sebagai
media pembelajaran kimia. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian
pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall yang dibatasi sampai
6 tahapan. Dalam melakukan penelitian ini, data diperoleh berdasarkan instrumen
kuesioner analisis kebutuhan guru dan peserta didik serta instrumen penilaian
kelayakan produk. Penilaian kelayakan produk dilakukan untuk mengetahui
kelayakan tiktok dan instagram sebagai media pembelajaran kimia. Berdasarkan
hasil data penilaian kelayakan produk video tiktok dan filter head quiz instagram
untuk ahli materi, ahli media, guru dan peserta didik yang menunjukkan kriteria
sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, mengembangkan tiktok dan
instagram sebagai media pembelajaran kimia pada tahap model pengembangan
Borg and Gall yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,
validasi desain, revisi desain dan ujicoba produk, penelitian pengembangan ini
menunjukkan kriteria sangat baik sehingga dapat dikatakan layak sebagai media
pembelajaran berbasis media sosial.
Collections
- Chemistry Education [326]