Show simple item record

dc.contributor.advisorPuji Hariyanti, S.Sos., M.I.Kom
dc.contributor.authorDINDA AMALIA DEWI
dc.date.accessioned2022-12-08T03:03:16Z
dc.date.available2022-12-08T03:03:16Z
dc.date.issued2022-05-18
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40876
dc.description.abstractDalam upaya memberikan pelayanan secara prima terhadap pasien, Rumah Sakit Umum Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan berupaya meningkatkan eksistensi kualitas pelayanan kesehatan secara maksimal untuk meminimalkan angka ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan. Rumah Sakit Umum Dr. Kanujoso Djatiwibowo adalah Rumah Sakit pemerintah satu – satunya yang dibawahi langsung oleh pemerintah provinsi Kalimantan timur yang mana, jika pasien tidak tidak merasa puas akan pelayanan prima yang disuguhkan, hal tersebut akan memberikan dampak buruk yang signifikan terhadap eksternal maupun internal dari rumah sakit umum tersebut, khususnya pada pelayanan Unit Hemodialisa. Sejauh ini, pada Unit Hemodialisa, pengobatan Hemodialisa diperlaksanakan dengan tujuan dapat menjadikan taraf hidup pasien menjadi bertahan lama dan menjaga kepulihan pasien agar ginjal pasien dapat sehat kembali. Sehingga Unit Hemodialisa secara tidak langsung bertanggung jawab penuh atas kepuasan pasien. Berdasarkan survey indeks kepuasan masyarakat yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum ini, hanya Unit Hemodialisa yang secara berturut – turut mendapatkan nilai sempurna dari tahun 2017 sampai dengan 2020 dengan mencapai angka penilaian 100 (Sangat baik). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi secara langsung dan wawancara secara mendalam terhadap pasien dan Unit Hemodialisa. Teknik analisis data menggunakan tringulasi data berdasarkan yang didapat dari riset lapangan, wawancara serta dokumen-dokumen seperti buku, artikel online, jurnal serta dokumen yang berasal dari Rumah Sakit Umum Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Hasil penelitian menunjukan Rumah Sakit Umum Dr. Kanujoso Djatiwibowo terutama pada Unit Hemodialisa memiliki pelayanan prima yang sangat baik berdasarkan penilaian para pasien dengan kemampuan pemenuhan indikator-indikator antara lain Ketepatan Waktu Pelayanan, Akurasi Pelayanan, Kesopanan dan Keramahan, Tanggung Jawab, Kelengkapan, Kemudahan Pelayanan, Variasi Model Pelayanan, Pelayanan Pribadi, Kenyamanan, dan Atribut Pendukung. Indikator yang paling terlihat pada penerapan prima ini ialah terkait dengan kenyaman dan kemudahan pelayanan di Unit Hemodialisa. Pasien pada umumnya merasa bahwa pelayanannya sudah tepat dan tanggap, keperawatan yang disuguhkan tergolong baik dan pasien dominan merasa puas, juga prosedur perawatan tidak memberatkan pasien & tidak berbelit – belit, Secara keseluruhan pasien sudah merasa baik dan puas karena pelayanan perawat dapat memberikan rasa peduli dan empati dalam hal kenyamanan. Hasil penelitian juga didukung teori- teori yang dipakai pada penelitian ini dan penelitian terdahulu.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectPelayanan Primaen_US
dc.subjectUnit Hemodialisaen_US
dc.subjectKepuasan Pasienen_US
dc.titlePenerapan Pelayanan Prima (Service Excellent) Terhadap Kepuasan Pasien Unit Hemodialisa Rumah Sakit Umum Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapanen_US
dc.Identifier.NIM18321061


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record