Pengembangan Buku Pengayaan “Chemi-Care: Penerapan Kimia Dalam Mengatasi Permasalahan Lingkungan Hidup”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan “Chemi-
Care: Penerapan Kimia dalam Mengatasi Permasalahan Lingkungan Hidup” dan
mengetahui kelayakan buku pengayaan yang telah dikembangkan. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model
pengembangan 4D. Tahap penelitian pengembangan yang dilakukan dalam
penelitian ini hanya meliputi tiga tahap yaitu tahap define (pendefinisian), tahap
design (perencanaan), dan tahap develop (pengembangan). Pada tahap define
(pendefinisian), dilakukan analisis kebutuhan terhadap guru dan peserta didik untuk
mengumpulkan informasi mengenai permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi
guru dan peserta didik dalam pembelajaran kimia. Pada tahap design (perencanaan),
dilakukan untuk merancang buku pengayaan sesuai dengan spesifikasi yang telah
ditentukan. Pada tahap develop (pengembangan), dilakukan pengembangan buku
pengayaan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat dan penilaian kelayakan
produk buku pengayaan yang telah dikembangkan oleh ahli materi dan ahli media,
guru, serta peserta didik untuk mengetahui kelayakan dari buku pengayaan tersebut.
Hasil penilaian kelayakan buku pengayaan “Chemi-Care: Penerapan Kimia dalam
Mengatasi Permasalahan Lingkungan Hidup” oleh ahli materi dan ahli media, guru,
dan peserta didik didapatkan total skor rata-rata pada semua aspek secara berturutturut
sebesar
30,5;
30,75;
dan
22,3
yang
termasuk
dalam
kategori
sangat
baik
(SB),
sehingga
buku pengayaan yang telah dikembangkan dapat dikatakan layak
digunakan sebagai sumber belajar.
Collections
- Chemistry Education [326]