Hubungan Antara Kemampuan Manajemen Waktu Dan Motivasi Belajar Kimia Peserta Didik Ma Cokroaminoto Wanadadi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria manajemen waktu dan motivasi
belajar kimia peserta didik dan mengetahui ada tidaknya hubungan yang
signifikan antara manajemen waktu dan motivasi belajar Kimia peserta didik MA
Cokroaminoto Wanadadi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik MA
Cokroaminoto Wanadadi yang mendapatkan mata pelajaran Kimia yaitu 6 kelas
terdiri dari 2 kelas X, 2 kelas XI, 2 kelas XII sejumlah 62 siswa. Sampel terdiri
dari 42 peserta didik kelas X, XI, XII dengan teknik pengambilan sampel dengan
purposive sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah non tes
dalam bentuk angket, yaitu angket manajemen waktu dan motivasi belajar Kimia
peserta didik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji korelasi.
Penelitian ini dianalisis dengan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa manajemen waktu mempunyai kriteria cukup dan motivasi
belajar kimia mempunyai kriteria cukup. Hasil uji hipotesis diperoleh tidak ada
hubungan yang signifikan antara manajemen waktu dan motivasi belajar kimia
pada peserta didik di MA Cokroaminoto Wanadadi.
Collections
- Chemistry Education [324]