“Cakan” Usaha Makanan Ringan Kekinian Selera Anak Muda
Abstract
“CAKAN” merupakan produk makanan ringan yang mengkolaborasi citarasa camilan
khas Indonesia dengan tren citarasa masa kini yang banyak digemari anak muda. Produk
makanan ringan pertama CAKAN yaitu makanan ringan khas Sunda yang tidak lain merupakan
basreng (bakso goreng). CAKAN mengkolaborasikan citarasa ikan tengiri dari basreng dengan
varian rasa seperti salted egg (telur asin), cheese (keju), dan pedas.
Pada mulanya, CAKAN direncakan melakukan penjualan produk secara online baik
melalui sosial media maupun marketplace, namun pada realisasinya penjualan produk CAKAN
didominasi oleh pembelian offline. Dalam pelaksanaanya, CAKAN mengalami beberapa
kendala, mulai dari formula varian rasa, pilihan kemasan, harga bahan baku, cara pemasaran,
dan lain sebagaianya. Dari kendala tersebut CAKAN mampu berkembang menjadi lebih baik
dari sisi rasa, pemasaran, kemasan, dan pelayanan. Untuk pengembangan kedepannya,
CAKAN berencana menambah produk dan varian rasa baru untuk difersifikasi produk, serta
CAKAN berencana untuk berkolaborasi dengan UMKM yang berhubungan.
Collections
- Akuntansi [4399]